[INFO] Kucing Himalaya Bulu Pendek

Kucing Himalaya Bulu Pendek merupakan salah satu ras kucing domestik yang merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Persilangan tersebut bertujuan untuk mendapatkan ras kucing dengan tipe badan yang sama seperti kucing persia, tetapi dengan pola warna seperti kucing siam dan bulunya pendek.

Banyak pecinta Kucing yang senang dengan jenis kucing ini, dikarenakan bentuknya yang lucu seperti kucing persia dengan kombinasi warna yang lebih menarik. seringkali yang paling banyak diburu oleh penghobi adalah kucing himalaya yang mempunyai banyak warna (minimal 3 warna).

Kucing Himalaya Bulu Pendek
Kucing Himalaya Bulu Pendek


Memelihara Kucing Himalaya memberikan kesan menyenangkan. Karena kucing ini sangat tangkas, cerdas, aktif dan lucu. Jika kebanyakan kucing itu malas-malasan, seperti Kucing Siam, namun ternyata Ras Himalaya ini menuruni sifat Persia yang aktif bergerak dan berinteraksi dengan manusia.

Ciri-ciri Kucing Himalaya Bulu Pendek

Warna
Warna point yang dimiliki kucing ini adalah adanya perbedaan warna yang sangat mencolok di setiap sudut bagian tubuhnya yag berbentuk taby, torty dan lynk. Untuk jenis warna pada kucing himalaya ini cukup variatif, seperti warna seal point (coklat kehitaman), lilac point (abu – abu kecoklatan), blue point ( abu – abu), cream point (krem), red flame point (krem kemerahan), chocolate point (coklat).

Bentuk tubuh
Untuk kucing ini umumnya memiliki ciri fisik tubuh yang bulat dan kaki yang pendek dihasilkan dari keturunan kucing persia. Namun ada juga yang memiliki tubuh yang langsing atau ramping, kuat, anggun, dan lincah yang diwarisi oleh kucing siam.
    
Bulu
Ukuran pada bulu untuk jenis kucing himalaya tergolong agak mirip dengan kucing persia lainnya, dengan ukuran yang lumayan panjang 2-3 cm.
    
Bentuk wajah
Di bagian bentuk wajah kucing persia himalaya ini terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu Himallayan doll face dan himallayan ultra face. Himallayan doll face umumnya memiliki bentuk wajah yang lumayan pesek jika di lihat dari samping, dan himallayan ultra face memiliki wajah yang “sangat” pesek ika dilihat dari samping, sehingga terlihat sangat datar jika kita lihat secara langsung dari samping.
    
Sifat
Pada dasarnya untuk jenis kucing ini memiliki sifat yang agak tenang, cerdas dan aktif. Namun walau mereka memiliki sifat yang agak tenang, mereka juga sangan senang dan mudah berinteraksi dengan siapa saja.Kucing jenis ini sangat tepat untuk dijadikan peliharaan, selain sifatnya yang ramah, tenang dan bersahabat, namun kucing ini juga bisa menjadi teman bermain anda di setiap kali anda jenuh dengan kesibukan anda. Pokoknya kucing ini sangat di rekomendasikan.
    
Kesehatan
Pada umumnya untuk jenis kucing ini merupakan jenis kucing yang cukup bagus dari segi kesehatan dan tidak mudah terserang penyakit. Tapi anda harus tahu bahwa kucing jenis ini juga memiliki penyakit turunan dari kucing persia yang dinamakan penyakit PKD (Polycystic kidney disease) dan bisa disebut kista pada ginjal.

Jenis Kucing Himalaya

Kucing Himalaya ini ternyata terbagi ke dalam 2 jenis. Dibedakan berdasarkan dengan bentuk wajah dan hidungnya.

1. Kucing Himalaya Bulu Pendek Jenis Doll Face


Ini adalah Kucing Himalaya Doll Face yang memiliki ciri fisik tubuh lucu bagaikan boneka. Hidungnya agak pesek dengan wajah agak datar. Wajahnya tidak selalu berwarna coklat seperti Kucing Siam. Namun bisa pula putih pucat. bola matanya warna putih kebiruan dengan sorotan mata sayu.

2. Kucing Himalaya Bulu Pendek Jenis Ultra Face


Kucing Himalaya Ultra Face memiliki bola mata berpupil hitam. Sorotan matanya tajam. Wajahnya juga tidak selalu coklat seperti Kucing Siam. Kadang ia berwajah putih kotor. Hidungnya sangat pesek dan wajahnya nampak sangat datar. Dahinya agak menonjol dan ini membuatnya malah seperti berwajah agak cekung.

Karena penampakannya yang lucu dan menggemaskan ini. Penjualan Ras Himalaya di dunia tergolong pesat. Meski kini makin banyak saja bermunculan ras-ras kucing persilangan yang wujudnya sangat unik. Tapi kecintaan pada Himalaya tak pernah berubah. Harganya pun cenderung stabil dan terjangkau bagi para pecinta kucing.